Minggu, 18 Agustus 2019 17:44:30 | Home | Index Berita | About Us | Statistik | Buku Tamu | Redaksi | Webmail | Login |  

Catatan Ringan

Perkembangan Peer to Peer Lending di Indonesia
Perkembangan Peer2Peer Lending (P2P Lending), pinjam meminjam berbasis aplikasi makin subur di Indonesia. Tapi kehadirannya tentu akan menimbulkan konsekuensi positif dan negatif.



Pengunjung hari ini : 1
Total pengunjung : 520077
Hits hari ini : 1245
Total hits : 4877354
Pengunjung Online : 1
Situs Berita Kristen PLewi.Net -Gereja Filadelfia ( 1700 AD ? Rapture )
SocialTwist Tell-a-Friend | |
Senin, 07 Agustus 2006 00:00:00
Gereja Filadelfia ( 1700 AD ? Rapture )
GEREJA FILADELFIA Wahyu 3:7-13



Penjelasan tentang Rapture ada di 1 Tesalonika 4:13-18.Rapture adalah masa ketika Tuhan Yesus menjemput mempelaiNya yang kudus di awan-awan,sehingga mempelaiNya yang kudus ini DILUPUTKAN dari Masa 7 Tahun Kesusahan Besar.Tetapi kepada mempelaiNya yang tidak siap sedia,Tuhan akan mengijinkan mereka untuk masuk ke dalam Masa 7 Tahun Kesusahan Besar.



7 Tahun Masa Kesusahan Besar adalah masa selama 7 tahun murka Tuhan dicurahkan ke dunia ini untuk memberikan penghukuman.Dalam masa ini Antichrist akan menyatakan dirinya dan siapa yang memakai tanda bilangan namanya yaitu 666,akan dilupakan Tuhan selamanya.



Mari kita kembali ke Gereja Filadelfia.

Setelah melewati masa-masa gereja yang menyedihkan mulai dari Gereja Pergamus,Gereja Tiatira dan Gereja Sardis,kini kita tiba di masa Gereja Filadelfia.Dalam masa Gereja Filadelfia kita akan menemukan beberapa hal yang akan membuat kita mengerti gereja seperti apa yang Tuhan Yesus kehendaki.

Kalau kita melihat Peta Alkitab,kota Filadelfia terletak di Asia Kecil.Kota ini merupakan kota pusat dari kebudayaan Yunani kuno dan didirikan kira-kira 189 tahun sebelum Masehi.Kota Filadelfia mempunyai jemaat-jemaat Kristus yang selalu memegang teguh Firman Tuhan,kota ini tetap ada sampai pertengahan abad 14,ketika Kerajaan Turki menaklukan kota Filadelfia.



Arti kata Filadelfia adalah KASIH PERSAUDARAAN.Setelah lahirnya Gerakan Reformasi Protestant,ternyata gereja-gereja Protestant yang lahir ini menjadi gereja-gereja negara.Gereja-gereja ini kembali dikontrol oleh politikus-politikus negara.Pada masa Gereja Sardis ini lahirlah Church of England,Church of Holland,Church of France dan lain-lain gereja di setiap negara Eropa yang keluar dari system ke hirarkian Katholik yang berpusat di Vatikan,Roma.



Karena Gerakan Reformasi ini membuat gereja menjadi gereja negara maka membuat gereja lebih bergantung kepada pemimpin-pemimpin negara bukan kepada Roh Kudus.Hal ini membuat Gereja Sardis kehilangan api Roh Kudus sehingga gereja ?gereja ini menjadi dingin dan mati.

Tetapi hal ini tidak terjadi pada zaman Gereja Filadelfia.Gereja Filadelfia dikenal karakternya sebagai gereja yang selalu semangat akan Firman Tuhan.Pada zaman Gereja Filadelfia,Tuhan bekerja dengan cara luar biasa karena melihat semangat anak-anakNya yang selalu rindu akan Firman Tuhan.Sebagai akibat dari penterjemahan Alkitab ke dalam banyak bahasa,banyak anak-anak Tuhan mulai mengerti Firman Tuhan.Revival mulai terjadi.Gerakan revival terjadi di mana-mana di Eropa.Mulai dari Inggris sampai menyebar ke Amerika.



Gerakan revival ini yang kita kenal sebagai gerakan misionaris modern ke manca negara.

Pada tahun 1793 di Inggris seorang tukang tambal sepatu bernama William Carey,karena begitu cinta akan Firman Tuhan,ia pergi menginjil ke India dan ia tercatat sebagai misionaris asing pertama dari Inggris.Roh Kudus terus bekerja,setelah William Carey,Tuhan menggerakkan Adoniram Judson,David Livingstone,Jonathan Goforth dan lain-lain.Tuhan menggerakkan mereka ke Afrika,China,Jepang,Korea,Amerika Selatan dan semua pulau-pulau di dunia.



Mengapa banyak revival terjadi saat itu?

KARENA ALKITAB BOLEH DIBACA OLEH KALANGAN UMUM.

KARENA ALKITAB BANYAK DITERJEMAHKAN KE DALAM BAHASA BAHASA LAIN.

KARENA SEMANGAT ANAK-ANAK TUHAN ZAMAN FILADELFIA INI YANG SELALU HAUS AKAN KEBENARAN FIRMAN TUHAN.



Jadi,saat William Carey masih muda,ia membaca Matius 28:19-20,yaitu perintah Tuhan Yesus untuk? Pergilah jadikanlah semua bangsa muridKu?,William Carey langsung terpanggil untuk meninggalkan pekerjaannya sebagai tukang tambal sepatu menjadi penginjil.

Hal lain yang menyebabkan banyak terjadinya gerakan misionaris ini adalah banyak anak-anak Tuhan pada tahun 1750 AD dan seterusnya mempelajari tentang tanda-tanda Akhir Zaman.Mereka mempelajari tanda-tanda Tuhan Yesus mau datang yang ke dua kalinya.Mereka terpanggil untuk memberitakan Injil Kristus Yesus kepada setiap suku bangsa di muka bumi ini yang belum pernah mendengar berita Injil.



Semakin kita tahu tanda-tanda kedatanganNya semakin dekat,semakin giat kita memberitakan Injil,sehingga membuat orang-orang yang jauh dari Tuhan bertobat dan kembali kepada Kristus Yesus.



Mari kita bahas Wahyu 3:7

Ada 4 karakter Tuhan Yesus yang dinyatakan di Wahyu 3:7.



Yang Kudus,Tuhan Yesus mengingatkan kepada kita akan kekudusanNya.Adalah baik jika kita melihat ayat lain yang terdapat di 1 Petrus 1:16.?Kuduslah kamu,sebab Aku kudus.Ayat ini mengingatkan kita bahwa karakter kita harus kudus,karena Tuhan kita pun kudus.Gereja-gereja pada zaman Filadelfia ini,mereka memisahkan diri dari sistem kenegaraan dan dari sistem ke hirarkian di Katholik,lalu menjadi gereja yang mandiri dan hanya bergantung kepada Roh Kudus.Mereka belajar menjadi gereja yang kudus.

Yang Benar,Tuhan Yesus mengingatkan kepada kita bahwa hanya Dialah satu-satunya yang Benar.Sama seperti yang terdapat di Yohanes 14:6,bahwa Yesuslah KEBENARAN itu.Musa tidak memberikan roti hidup,tetapi Yesuslah ROTI HIDUP itu.Tidak ada kebenaran di dalam dunia ini selain di dalam KEBENARAN Kristus Yesus.

Yang memegang kunci Daud,Daud adalah raja Israel yang berkuasa mengalahkan lawan-lawannya di Kanaan.Pada masanya Israel berjaya.Tuhan Yesus memegang kunci Daud artinya adalah Dialah sumber kemenangan-kemenangan kita.Yesuslah yang menjadi pahlawan kita.

Apabila Ia membuka,tidak ada yang dapat menutup,apabila Ia menutup,tidak ada yang dapat membuka.Yang dimaksud di ayat ini adalah tentang pintu penginjilan.Tuhan telah memberikan perintah,pergilah,jadikanlah semua bangsa muridKu.Pintu penginjilan ini yang mengontrol adalah Tuhan kita sendiri,Tuhan Yesus Kristus.Tidak ada seorangpun di dunia ini yang dapat membuka/menutup pintu penginjilan ini.



PUJIAN

Wahyu 3:8 Aku tahu segala pekerjaanmu,lihatlah Aku telah membuka pintu bagimu yang tidak dapat ditutup oleh seorangpun.Aku tahu bahwa kekuatanmu tidak seberapa,namun engkau menuruti firmanKu dan engkau tidak menyangkal namaKu.



Tuhan Yesus telah membuka pintu penginjilan,maka kesempatan ini dimanfaatkan oleh banyak anak-anak Tuhan untuk mengabarkan Injil ke seluruh dunia.Tuhan tahu bahwa kekuatan kita tidak banyak,tetapi seperti kata Roh Kudus kepada Paulus,?Ketika aku lemah,justru di situ aku kuat?.Di saat kedagingan kita lemah,justru di situ Tuhan ada dan memberikan kita kekuatan.



Namun engkau menuruti firmanKu dan engkau tidak menyangkal namaKu,anak-anak Tuhan masa Filadelfia ini,dari tahun 1750 AD,mereka bukan saja percaya akan Firman Tuhan,tetapi mereka juga menjadi pelaku-pelaku Firman.Dan dalam mengabarkan Injil,mereka tidak menyangkal nama Yesus,sekalipun nyawa taruhannya.



Gerakan Reformasi pada tahun 1520 AD yang melahirkan gerakan Protestant,mereka juga percaya akan Firman Tuhan.Mereka mulai membaca dan mendalami Firman Tuhan tetapi mereka belum berkarakter sebagai pelaku-pelaku Firman.Lain dengan Protestant angkatan tahun 1750 AD,mereka percaya akan Firman Tuhan dan menjadi pelaku-pelaku Firman.



TEGURAN

Tidak ada.Tuhan tidak menegur gereja-gereja zaman Filadelfia.



JANJI

Wahyu 3:9 Lihatlah beberapa orang dari jemaah Iblis,yaitu mereka yang menyebut dirinya orang Yahudi,tetapi yang sebenarnya tidak demikian,melainkan berdusta,akan Kuserahkan kepadamu.Sesungguhnya Aku akan menyuruh mereka datang dan tersungkur di depan kakimu dan mengaku bahwa Aku mengasihi engkau.

Dalam ayat ini,Tuhan Yesus berjanji bahwa semua orang yang menganut FALSE RELIGION atau yang disebut jemaah Iblis,mereka akan kembali kepada Kristus.

FALSE RELIGION adalah praktek-praktek keagamaan yang bertentangan dengan Firman Tuhan,bertentangan dengan isi Alkitab.



Seseorang bisa saja mengaku percaya kepada Yesus,tetapi tanpa ia sadari ia mempraktekkan FALSE RELIGION.Contohnya adalah penganut Saksi Yehova,Christian Science, Mormonisme, Advent Hari Ketujuh dan termasuk juga Katholik.



FALSE RELIGION adalah cara Iblis yang ampuh untuk menyusupkan niat jahatnya secara halus ke dalam gereja sehingga gereja tanpa disadari menciptakan doktrin yang bertentangan dengan Firman Tuhan.

Karena itu,untuk mencegah terjadinya FALSE RELIGION/FALSE DOCTRINE ini,cara satu-satunya adalah mari kita semua BACK TO THE BIBLE.

Mari kita semua anak-anak Tuhan kita kembali ke Alkitab.Dan kemudian kita beritakan Firman Tuhan yang ada di Alkitab ini.



2 Timotius 4:2 BERITAKANLAH FIRMAN,SIAP SEDIALAH BAIK ATAU TIDAK BAIK WAKTUNYA, NYATAKANLAH APA YANG SALAH,TEGORLAH DAN NASIHATILAH DENGAN SEGALA KESABARAN DAN PENGAJARAN.



Wahyu 3:10 Karena engkau menuruti firmanKu,untuk tekun menantikan Aku,maka Akupun akan melindungi engkau dari hari pencobaan yang akan datang atas seluruh dunia untuk mencobai mereka yang diam di bumi.



Ayat ini menegaskan kembali janji Tuhan kepada gereja-gereja Filadelfia,bahwa mereka akan Tuhan luputkan dari hari pencobaan.Tuhan akan meluputkan mereka dari Masa 7 Tahun Kesusahan Besar.Mereka akan Rapture sebelum dimulainya Masa 7 Tahun Kesusahan Besar.



7 Tahun Masa Kesusahan Besar adalah masa yang sangat mengerikan.Tuhan Yesus memberikan gambaran tentang masa ini seperti yang tertulis di Matius 24:21.

SEBAB PADA MASA ITU AKAN TERJADI SIKSAAN YANG DAHSYAT SEPERTI YANG BELUM PERNAH TERJADI SEJAK AWAL DUNIA SAMPAI SEKARANG DAN YANG TIDAK AKAN TERJADI LAGI.



Saat itu sedang datang ke dunia ini.Tapi itu bukan bagian kita.Bagian kita adalah Rapture.Karena itu marilah kita dengan tekun BACK TO THE BIBLE.Kita kembali ke Firman Tuhan,dan kita wartakan Firman Tuhan kepada dunia ini.Ingatkan akan hari pencobaan dahsyat yang akan datang ke dunia ini.

Kita percaya bahwa masa kesusahan besar ini akan tiba saat Antichrist menandatangani perjanjian damai dengan Israel selama 7 tahun.Hal ini akan jelas kalau kita mempelajari Wahyu 4 sampai Wahyu 5.Dan Wahyu 6 membahas tentang awal 7 Tahun Kesusahan Besar itu.



NASIHAT

Wahyu 3:11 Aku datang segera.Peganglah apa yang ada padamu,supaya tidak ada seorangpun mengambil mahkotamu.



Aku datang segera,ini berarti bahwa tipe gereja ini masih tetap ada sampai sekarang.Saat ini tipe gereja Filadelfia masih ada.Anak-anak Tuhan yang selalu haus akan Firman Tuhan,yang selalu memberitakan Injil kepada dunia dan menyerukan pertobatan menjelang hari pencobaan besar di dunia ini.Karakter mereka adalah hati yang penuh revival akan Firman Tuhan.



Dr,Adrian Rogers menyebutkan bahwa ada 3 hal penting dalam membangun jemaat yang berkarakter revival oleh Roh Kudus,yaitu EVANGELISM,MISSIONS dan BIBLE TEACHING.

Gereja-gereja Tuhan saat ini haruslah mempunyai 3 karakter tersebut.Kita anak-anak Tuhan harus membangun karakter kita didasari oleh Firman Tuhan lalu melakukan evangelism,missions dan Bible Teaching.



Untuk mencapai itu kita perlu BACK TO THE BIBLE.



Problema yang ada di gereja-gereja Tuhan saat ini adalah mereka kurang memahami tentang Firman Tuhan.Kalau kita tidak memahami Firman Tuhan,bagaimana kita mau melakukan evangelism,missions dan Bible Teaching?



Karena itu,melalui tulisan ini,saya mengajak saudara-saudara semua yang percaya kepada Kristus Yesus Tuhan,APAPUN DENOMINASINYA,untuk BACK TO THE BIBLE.

Dengan BACK TO THE BIBLE,kita akan mengerti janji-janji Tuhan kepada kita anak-anakNya terutama tentang janji kedatanganNya yang kedua kali.Jadi kita akan semakin mempersiapkan diri menjelang kedatanganNya.Kita TIDAK TAHU kapan Ia datang,tetapi lebih baik kita BERJAGA-JAGA.Berjaga akan hidup kita,berjaga akan keluarga kita,berjaga akan saudara seiman kita dan berjaga akan dunia di luar kita untuk selalu SESUAI dengan Firman Tuhan/SESUAI dengan apa kata Alkitab.

Ada mahkota yang Tuhan sediakan bagi kita.Tuhan kita adalah Tuhan yang tidak lupa memberikan upah buat kita.Amin?



PENGHARGAAN

Wahyu 3:12 Barangsiapa menang,ia akan Kujadikan sokoguru di dalam Bait Suci AllahKu,dan ia tidak akan keluar lagi dari situ,dan padanya akan Kutuliskan nama AllahKu,nama kota AllahKu,yaitu Yerusalem baru,yang turun dari sorga dari AllahKu dan namaKu yang baru.

Tuhan akan membuat kita menjadi sokoguru di dalam Bait Suci AllahKu,SUNGGUH LUAR BIASA penghargaan yang Tuhan berikan kepada kita yang mau berkarakter seperti jemaat Filadelfia ini.Kita yang adalah hanya seorang manusia,tetapi Tuhan tempatkan sebagai sokoguru di BaitNya.



Penulisan nama Tuhan ini adalah menunjukkan bahwa anak-anak Tuhan yang sungguh-sungguh,mereka akan diidentifikasikan Tuhan sebagai HIS BELOVED CHILDREN,yang mempunyai hak untuk masuk ke kota kudusNya,Yerusalem baru.Yerusalem baru ini dibahas di Wahyu 21:9 sampai Wahyu 22:6.



Bagi kita yang setia pada Firman Tuhan,kita akan melihat Tuhan Yesus Kristus yang kita sembah,yang kita puji dalam Roh dan Kebenaran sesuai dengan Kebenaran Firman Tuhan.Kita akan melihat Tuhan kita FACE TO FACE.

Haleluya!!!



Ini akan menjadi pengalaman yang paling berharga,DAPAT FACE TO FACE dengan Tuhan Yesus.Ini tersedia bagi kita semua yang setia kepada Firman Tuhan dan tetap berakar di dalam Terang FirmanNya menjelang kedatanganNya.

Demikian pembahasan Gereja Filadelfia,selanjutnya adalah pembahasan Gereja Laodekia dari tahun 1900 AD-Masa 7 Tahun Kesusahan Besar.



Pembahasan Gereja Laodekia akan dilanjutkan nanti



Tuhan Yesus memberkati

Shalom

Andre Widodo

Singapore 507025

Email : andre_widodo@yahoo.comHomepage : www.andrewidodo.blogspot.com

dilihat : 448 kali


   
Copyright 2005 Pustakalewi.net
All rights reserved. Protected by the copyright laws of the Indonesia
hosted and developed by Agiz YL Solution