Senin, 23 Juli 2018 12:59:10 | Home | Index Berita | About Us | Statistik | Buku Tamu | Redaksi | Webmail | Login |  
--Ingin kegiatan anda kami liput? silahkan hubungi kami di 082139840290, twitter @pustakalewi atau email ke redaksi @pustakalewi.net. Kami siap melayani!

Catatan Ringan

Nasakom dan Masyarakat Jejaring
Prolog revolusi Bung Karno, membangun infrastruktur kemerdekaan bangsa Indonesia, demi terciptanya kehidupan yang bermartabat



Pengunjung hari ini : 133
Total pengunjung : 407681
Hits hari ini : 639
Total hits : 3717789
Pengunjung Online : 9
Situs Berita Kristen PLewi.Net -Keluarga Yosua (1)
SocialTwist Tell-a-Friend | |
Minggu, 25 November 2007 00:00:00
Keluarga Yosua (1)
?Seorangpun tidak akan dapat bertahan menghadapi engkau seumur hidupmu; seperti Aku menyertai Musa, demikianlah Aku akan menyertai engkau; Aku tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau ? [ Yosua 1:5 ].



Pengaturan kitab-kitab Perjanjian Lama menurut Kristen Protestan menempatkan kitab Yosua sebagai yang pertama dari kitab-kitab sejarah, dan berlanjut sampai kitab Ester. Kelima kitab Musa digolongkan sebagai kitab Hukum. Kitab Ayub sampai Kidung Agung digolongkan sebagai Puisi. Kitab Yesaya sampai Maleakhi digolongkan sebagai kitab Nubuat. Jadi, jika kita urutkan semua kitab Perjanjian Lama, maka kita dapatkan sebagai berikut : Pertama, kitab Hukum (dari Kejadian sampai Ulangan). Kedua, kitab Sejarah (dari Yosua sampai Ester). Ketiga, kitab Puisi (dari Ayub sampai Kidung Agung). Keempat, kitab Nubuat (dari Yesaya sampai Maleakhi).



Sebelum kita lanjutkan, ada baiknya kita mengulang definisi keluarga menurut Alkitab. Untuk mengetahui definisi keluarga, kita akan melihat kitab Kejadian dimana segala sesuatu dimulai, dan dimana segala sesuatu memperoleh makna serta juga definisinya. Keluarga didalam kitab Kejadian bukan hanya terdiri dari suami, isteri dan anak-anak saja, walaupun ini juga disebut keluarga. Keluarga dalam kitab Kejadian bisa berarti satu keturunan. Sebagai contoh, kita lihat dalam Kejadian 46:27 disebutkan, ?Jadi keluarga Yakub yang tiba di Mesir, seluruhnya berjumlah tujuh puluh jiwa ?. Istilah keluarga disini bukan hanya terdiri dari bapa, ibu dan anak-anak, tetapi juga menantu, cucu, dan cicit, pendeknya seluruh keturunan Yakub. Jadi, keluarga disini berarti satu keturunan. Dalam banyak kebudayaan, ada perbedaan antara apa yang disebut keluarga kecil yang terdiri dari suami, isteri dan anak-anak, serta apa yang disebut dengan keluarga besar, yang terdiri dari satu keturunan atau suku, kaum, marga (Clan). Tetapi di dalam kitab Kejadian, tidak ada istilah keluarga kecil maupun keluarga besar. Keluarga, di dalam kitab Kejadian bersifat fleksibel, dalam arti bisa bermakna seperti keluarga kecil, maupun bermakna seperti keluarga besar.



Jika kita mengikuti pengaturan kitab-kitab Perjanjian Lama menurut Kristen Protestan seperti telah diuraikan diatas, maka catatan sejarah Israel atau keluarga Yakub bermula atau dimulai dari Kitab Yosua. Secara garis besar, sejarah keluarga Yakub dimulai dengan suatu keberhasilan yang luar biasa di zaman Yosua seperti tertulis, ?Dan TUHAN mengaruniakan kepada mereka (keluarga Yakub) keamanan ke segala penjuru, tepat seperti yang dijanjikanNya dengan bersumpah kepada nenek moyang mereka? Dari segala yang baik yang dijanjikan TUHAN kepada kaum Israel, tidak ada yang tidak dipenuhi; semuanya terpenuhi ? (Yosua 21:44-45). Tetapi kemudian, sejarah keluarga Yakub berlanjut terus dan kita melihat bahwa keluarga Yakub mengalami pembuangan ke Babel selama 70 tahun. Setelah masa 70 tahun berakhir, maka sebagian kecil keluarga Yakub kembali ke Yerusalem, seperti dicatat dalam kitab Ezra dan Nehemia. Demikianlah garis besar sejarah keluarga Yakub seperti tertulis dalam kitab-kitab Perjanjian Lama.



Mengapa keluarga Yakub mengalami keberhasilan yang luar biasa di zaman Yosua? Pelajaran penting apa yang di dapat keluarga Yakub di zaman Yosua? Yang terutama adalah, kemenangan tergantung dari penyertaan Tuhan. Dan penyertaan Tuhan tergantung dari iman kepada Allah dan ketaatan terhadap firmanNya. Keberhasilan keluarga Yakub bukan tergantung dari kekuatan militer atau dari kehebatan-kehebatan lainnya, tetapi semata-mata oleh karena penyertaan Tuhan. Semoga pelajaran penting ini meresap, dan menjadi bagian hidup keluarga kita.?Gema Sion Ministry.

dilihat : 642 kali


   
Copyright 2005 Pustakalewi.net
All rights reserved. Protected by the copyright laws of the Indonesia
hosted and developed by Agiz YL Solution