Senin, 18 November 2019 23:45:24 | Home | Index Berita | About Us | Statistik | Buku Tamu | Redaksi | Webmail | Login |  

Catatan Ringan

Perkembangan Peer to Peer Lending di Indonesia
Perkembangan Peer2Peer Lending (P2P Lending), pinjam meminjam berbasis aplikasi makin subur di Indonesia. Tapi kehadirannya tentu akan menimbulkan konsekuensi positif dan negatif.



Pengunjung hari ini : 1
Total pengunjung : 520218
Hits hari ini : 2694
Total hits : 5090873
Pengunjung Online : 1
Situs Berita Kristen PLewi.Net -Unconditional Election






SocialTwist Tell-a-Friend | |
Jum'at, 13 Februari 2009 00:00:00
Unconditional Election
Hampir semua Kalvinis bergantung kepada point ini.

Unconditional Election dibangun atas dasar Total Depravity. Ini merupakan konsekuensi dari kebobrokan total yang dipercayai

oleh Kalvinis. Bila manusia tidak bisa merespon, tidak bisa percaya dan tidak bisa melakukan yang baik dan benar, maka tidak

ada cara lain yang Allah pakai selain memilih siapa yang Ia suka tanpa melihat kondisinya. Inilah pengertian dari unconditional

election. Allah memilih orang untuk masuk Surga tanpa melihat kondisi atau tanpa kondisi. Apakah orang itu jahat, salah dan

tidak mengenal kebenaran tidak menjadi patokan bagi Allah asalkan Allah sudah pilih, maka ia pasti masuk

Surga.



Benarkah manusia tidak bisa merespon, tidak bisa percaya dan tidak bisa berbuat yang baik? Pertanyaan ini

menentukan kebenaran poin kedua dari Kalvinisme. Bila Total Depravity yang Kalvinis jabarkan salah atau tidak Alkitabiah, maka

point kedua ini perlu diragukan. Karena TULIP yang Kalvinis ajarkan adalah doktrin yang saling kait-mengkait satu dengan yang

lain. Bila satu salah, maka yang lain juga salah.



Dalam pemahaman Kalvinis, Election (pemilihan) sama dengan Decree

of God. Di mana mereka menjabarkan keputusan Allah sebagai keputusan yang Allah buat dalam kekekalan berdasarkan kedaulatanNya

yang bebas, dimana Ia memilih bagi diriNya suatu umat yang akan Ia kasihi dan Ia tebus dari dosa dan maut melalui Yesus Kristus

ke dalam kemuliaan kekal.



Bila hanya kepada orang yang Ia kasihi dan yang Ia pilih masuk ke Surga, bagaimana dengan

mereka yang tidak Allah pilih masuk Surga? Bila ini ditanya kepada mereka yang percaya Unconditional Election mereka akan

berkata bahwa itu berdasarkan foreknowledge of God ( pengetahuan Allah sebelumnya)



Menurut Kalvinis, Decree Of God

bersifat:

1. Singular (Allah hanya memiliki satu dekret saja)

2. Eternal (kekal)

3. Sovereign

(berdaulat)

4. All-Compassing (mencakup, melingkupi segalanya)



Komentar Kalvinis: keputusan Allah itu tunggal,

tetapi banyak manifestasi. Segala sesuatu yang terjadi di dunia ini sudah Allah tentukan.



Berikut ini beberapa

komentar tokoh Kalvinis mengenai keputusan Allah:

Buswell “Keputusan Allah tidak akan berubah dari kekal hingga kekal dan

menyangkut segala sesuatu yang kompleks. ”Allah menentukan segala sesuatu termasuk di dalamnya:

1. Pikiran manusia

2.

Tindakan manusia

3. Setiap kejadian

Melanthon “Segala sesuatu terjadi atas keputusan ilahi termasuk apa yang ada di

dalam dan di luar pikiran manusia.”

Arthur Pink “Adalah kehendak Allah dosa masuk ke dalam dunia, kalau tidak demikian

dosa tidak akan masuk ke dalam dunia, ini suatu keputusan Allah.”



Palmer “adalah Alkitabiah untuk mengatakan, bahwa

Allah menetapkan lebih dahulu dosa masuk ke dalam dunia.”

Boettner “ketika kita berhenti merenung, untuk mengamati di

antara non-Kristen misalnya agama Muhammad ada sejumlah agama yang percaya takdir dan dipegang oleh negara non-kristen. Perlu

kita pelajari dan tidak perlu menolaknya.”



Dari beberapa hal di atas, saya mengajak kita untuk

menganalisa

Benarkah bahwa keputusan Allah itu tunggal?

Benarkah bahwa keputusan Allah tidak berubah?

Decree Of

God (keputusan Allah) dalam KJV ada 56 decree. Di mana 46 kali berhubungan dengan manusia. Artinya bukan berhubungan dengan

Allah. 8 kali berhubungan dengan keputusan Allah, yakni:

1. Ayub 28:26 “ketetapan Allah atas hujan, angin dan

alam”

2. Ayub 38:10 “Allah menetapkan batas laut”

3. Amsal 28:29 “Allah menetapkan batas laut”

4. Mazmur 2:7

“Menceriterakan ketetapan Yesus Kristus”

5. Mazmur 148:6 “ketetapan untuk tidak dapat dilanggar”

6. Yesaya 10:22

“ketetapan Allah akan datangnya kebinasaan”

7. Yeremia 5:22 “membuat ketetapan batas laut”

8. Daniel 4:24 “Inilah

keputusan yang Mahatinggi”



Dari hal ini kita dapat menyimpulkan:

Ternyata keputusan Allah tidak tunggal

(singular) seperti yang terdapat dalam contoh di atas.

Ternyata keputusan Allah dapat berubah. Karena dunia ciptaan Tuhan

akan berlalu.



Apakah Kedaulatan Allah mutlak? Ya! Saya mengimani Allah berdaulat penuh atas apapun (akan di bahas

dalam postingan berikut), tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan

Tidak ada keputusan Allah agar dosa masuk ke

dalam dunia.

Tidak ada keputusan Allah agar manusia masuk Surga dan Neraka.

Tidak ada keputusan Allah, bahwa manusia

tidak bisa percaya.

Kalvinis selalu berkelit dengan berkata: Manusia itu tidak bisa berkehendak bebas, tetapi manusia

harus mempertanggungjawabkan segala sesuatu yang ia lakukan.



Ini adalah doktrin yang sangat berbahaya yang dibangun

untuk menghancurkan iman kekristenan. Kalvinis cenderung tidak konsisten terhadap doktrin-doktrinnya.



Kalvinis

sangat mengagumi sifat kedaulatan Allah, sehingga Allah hanya berdaulat kalau Ia menetapkan segala sesuatu terlebih dahulu.

Konsep ini sangat menghina Allah karena Allah akan berdaulat bila menetapkan sesuatu. Konsekuensi dari itu adalah Allah tidak

akan berdaulat bila Ia tidak menetapkannya terlebih dahulu. Pengertian lain dari itu adalah Allah Mahatahu karena Ia sudah

tetapkan. Akibatnya, bila Allah tidak menetapkannya lebih dahulu, maka Allah itu tidak tahu atau tidak akan pernah

mengetahuinya.



Kembali kaum Kalvinisme berkomentar:

Gunn “Ide bahwa Allah mengetahui masa depan tanpa

merencanakannya itu tidak ada dalam Alkitab”

David West “Jika Allah tidak menetapkan segala sesuatu, maka Ia tidak

mengetahui masa depan. Allah lebih dahulu tahu karena Ia sudah tetapkan.”

Arthur Pink “Pengetahuan lebih dahulu ini

dilandaskan kepada ketetapan-ketetapan Allah lebih dahulu.”

Pandangan yang Alkitabiah “Allah tahu manusia akan jatuh ke

dalam dosa, karena manusia itu memang akan memakan buah itu atas dasar keinginan manusia itu sendiri dan sesuai dengan kehendak

bebas yang Allah berikan kepada manusia sejak semula. Hal ini pasti terjadi karena Allah telah melihatnya demikian dan bukan

atas ketetapanNya. Hal itu tidak harus Adam dan Hawa lakukan, tetapi itu pasti terjadi karena mereka akan melakukannya atas

keinginan hatinya sendiri.



Timbul pertanyaan. Kalau Allah sudah mengetahui sebelum penciptaan, mengapa Ia

menciptakan mereka? Bukankah lebih baik jika mereka tidak diciptakan sehingga tidak ada yang binasa? Menurut manusia memang

baiknya begitu. Tetapi Ia adalah Allah yang Mahakuasa yang berhak menciptakan apa saja. Sekalipun manusia itu akan jatuh ke

dalam dosa yang mengakibatkan kebinasaan, Allah berhak menciptakannya dan Allah memiliki cara bagaimana supaya manusia itu

selamat..



Para penganut Covenat Theology berpendapat, bahwa tujuan akhir Allah atas manusia adalah untuk

Keselamatan. Tetapi bagaimana setelah manusia itu diselamatkan berhentikah sampai di sana? Pandangan Dispenzationalism

Keselamatan adalah fase awal bagi manusia untuk melihat kemuliaan Allah yang akan Ia nyatakan kepada manusia.



Jadi

tujuan akhir Allah bagi manusia adalah untuk menyatakan kemuliaanNya.





UNCONDITIONAL ELECTION (BAG.

2)



Kedaulatan Allah



Ini adalah konsep Alkitab, karena memang Allah itu berdaulat penuh atas apapun.

Kedaulatan Allah juga harus dilihat dari sudut pandang Alkitab karena konsep kedaulatan Kalvinis berbeda dengan konsep Alkitab

dan nalar logis manusia. Kalvinis terlalu menekankan kedaulatan tanpa melihat sifat Allah yang lain (Mahakasih, Mahaadil,

Mahabenar dan Mahakudus). Bahkan di dalam Alkitab Kekudusan Allah dan Kasih Allah lebih ditekankan daripada Kedaulatan Allah.

Kalvinis sering memakai analogi kedaulatan seorang raja yang berkuasa atas negaranya sendiri secara otoriter seperti Saddam

Husein atau Hitler. Tetapi harus diingat, bahwa Saddam dan Hitler memakai kedaulatannya untuk hal-hal yang

jahat.



Dari sisi kedaulatan Allah, bahwa Ia berdaulat melakukan dan memutuskan apa saja, tetapi selalu disertai

Kasih dan KeadilanNya. Kalvinis tidak melihat sifat-sifat Allah yang lain, yang tidak mungkin saling bertentangan. Karena Allah

tidak akan melakukan sesuatu hal yang bertentangan dengan diriNya sendiri. Allah tidak akan meminta pertanggunganjawab dari

manusia atas dosa-dosanya jika Allah sendirilah yang menjadi sumber dosa atau yang membuat manusia itu berdosa. Bila Allah yang

memasukkan dosa ke dalam dunia, maka hal ini akan bertentangan dengan sifat Kekudusan dan kasihNya. Sifat kasih, kekudusan dan

keadilan Allah tidak akan memakai kedaulatanNya untuk membuat manusia jatuh dalam dosa. Jadi kedaulatan Allah yang terdapat

dalam Alkitab tidak akan bertentangan dengan Kasih, keadilan dan kekudusan Allah. Allah mengijinkan manusia melakukan segala

sesuatu, karena manusia diciptakan dengan kehendak bebas yang sejati.



Kaum Kalvinis akan berdalih dan mengatakan

bahwa itu adalah hak Allah untuk berbuat ini dan itu menurut kedaulatanNya. Namun yang harus diperhatikan, pokok

permasalahannya bukanlah pada Allah berhak atau tidak berhak, tetapi apakah Allah akan seperti itu? Apakah Natur Allah yang

Mahakudus, Mahaadil, dan Mahakasih akan berbuat seperti itu? Dengan demikian Allah bukanlah Pribadi yang menyebakan dosa masuk

ke dalam dunia. Hanya kelompok Kalvinislah yang berani mengatakan demikian.



Ketetapan Allah (God’s

Decree)



Allah Mahatahu karena Allah sudah menetapkannya. Ini adalah konsep Kalvinis yang sangat merendahkan Allah.

Dimana Allah menjadi Pribadi yang tidak Mahatahu. Mengapa? Karena Allah harus menetapkan dahulu baru Ia tahu!



Apakah

Alkitab mencatat, bahwa Allah mempengaruhi manusia? Ya! Allah bisa mempengaruhi, mencegah, dan menuntun manusia untuk melakukan

sesuatu, tetapi Allah tidak memaksa atau menetapkan. Kej 20:6 “Aku tahu juga, engkau telah melakukan itu dengan hati yang

tulus, maka Akupun mencegah engkau untuk berbuat dosa terhadap Aku; sebab itu Aku tidak membiarkan engkau menjamah dia (Sara)”

; Mazmur 73:24 “dengan nasehatMu, Engkau menuntun aku dan kemudian Engkau mengangkat aku ke dalam kemuliaan” Sekalipun Allah

berdaulat mempengaruhi manusia, tetapi manusia itu berhak menolak atau menerima pengaruh dari Allah.



Ayat-ayat yang

dipakai Kalvinis, bahwa Allah telah menetapkan segala sesuatu:



1. Amsal 16:1 “Manusia menimbang-nimbang dalam hati,

tetapi jawaban lidah berasal dari Allah”

2. Amsal 16:9 “hati manusia memikir-mikirkan jalannya, tetapi Tuhanlah yang

menentukan arah jalannya”

3. Amsal 19:21 “banyaklah rancangan di hati manusia, tetapi keputusan TUHANlah yang

terlaksana.”

4. Amsal 20:24 “Langkah orang ditentukan oleh TUHAN, tetapi bagaimanakah manusia dapat mengerti jalan

hidupnya?”

5. Amsal 21:1 “hati raja seperti batang air di dalam tangan TUHAN dialirkanNya ke mana Ia

ingin.”



Tetapi timbul satu pertanyaan, apakah ayat-ayat di atas menyatakan bahwa Allah menentukan segala

sesuatu?



Amsal 6:1 Apakah Allah menetapkan segala perkataan manusia? Bila demikian Allahkah yang menetapkan manusia

berbohong, menipu, memfitnah, menyumpah serapah orang lain? Kalau demikian Allah adalah sumber perkataan yang kotor dan najis.

Maka Allah juga yang menetapkan nabi palsu bernubuat dan penyangkalan Petrus, Allah yang tetapkan? Apakah Allah yang Alkitab

mengajarkan demikian?



Hati manusia menimbang-nimbang justru membuktikan hatinya bebas untuk memikirkan apa yang mau

ia omongkan atau yang mau ia katakan. Allah yang Mahakudus tidak akan mengeluarkan yang najis dan kotor dari dalam diriNya. Ia

tidak akan menghasut atau mempengaruhi manusia untuk mengatakan hal yang tidak benar atau tidak patut.

Amsal 16:9 “hal ini

juga membuktikan, bahwa manusia bebas berfikir apa saja, tetapi Allah dapat mengintervensi atau mengubah rancangan manusia itu.

Misalnya A mau membunuh X, tetapi Allah dapat membelokkan atau membatasi atau mencegah pembunuhan itu terjadi. Dengan cara apa?

Tuhan punya berbagai cara untuk menyelamatkan manusia dari rancangan manusia yang tidak bertanggungjawab ataupun dari

Iblis.



Amsal 19:21, Ya. Manusia bisa merancang apa saja dalam hatinya, tetapi Allah dapat mencegah rancangan

manusia, bila bertentangan dengan kehendakNya. Hal ini juga membuktikan, bahwa manusia memiliki kehendak bebas yang sejati. Dan

ini bukan TAKDIR.



Amsal 20:21, dalam ajaran ayat ini juga membuktikan, bahwa raja bukanlah robot, tetapi hati raja

bisa Tuhan pakai untuk melakukan kehendakNya tanpa memaksa atau memperkosa kebebasan si raja. Hal ini dapat ditemukan dalam

Ezra 1:1-2 ”Allah menggerakkan hati Koresy” Koresy sadar, bahwa ia mendapat kasih karunia dari Allah, sehingga ia menjadi raja

yang berkuasa. Allah menggerakkan hati Koresy melalui kesaksian Daniel dan kawan-kawan tentang Yehova Israel. Allah juga dapat

menciptakan suatu “sikon” untuk tujuanNya. Allah membuat Ahasyweros tidak bisa tidur, sehingga ia pergi membaca, dan di sana ia

melihat catatan tentang Mordekhai, dan maksud Allah terlaksana.



Ayat-ayat yang juga sering dipakai oleh

Kalvinis:



Kisah Para rasul 2:23 “Dia yang diserahkan Allah menurut maksud dan rencanaNya, telah kamu salibkan dan

kamu bunuh oleh tangan bangsa-bangsa durhaka.” Kalvinis akan berkata, bukankah semua terjadi sesuai dengan maksud dan rencana

Allah? Dalam bahasa Yunani maksud dan rencana adalah boule dan prognosei , dimana prognosei berasal dari kata pro=sebelum dan

gnowsis=pengetahuan, yang dalam KJV diterjemahkan foreknowledge. Artinya Allah tahu karena manusia itu berencana seperti itu.

Dengan kata lain, Allah menetapkan karena kemahatahuanNya akan apa yang dilakukan manusia, bukan Allah mengetahui karena Allah

telah menetapkan manusia untuk berbuat demikian.



Argumen Kalvinis: mana lebih dahulu boule atau prognosei. Memang

dalam kalimat ini boule lebih dahulu. Sepertinya ayat ini mendukung Kalvinis, bahwa Penentuan dulu baru Allah tahu. Tetapi

dalam hal ini tidak selalu seperti itu. Contoh ayat lain dalam 2 Timotius 1:9 “Dia yang telah menyelamatkan kita dan yang telah

memanggil kita” Mana lebih dahulu, diselamatkan atau dipanggil? Kalau sudah diselamatkan untuk apa Allah memanggil dengan

panggilan kudus? Kata “dan” dalam ayat ini memisahkan diselamatkan dan dipanggil, tetapi dalam hal ini diselamatkan dan

dipanggil harus sama-sama benar untuk mendapatkan hal yang tetap atau sama. Atau dengan kata lain kata “dan” tidak harus selalu

menyatakan urutan kejadian ataupun proses.



Kis 4:28 “untuk melaksanakan segala sesuatu yang telah Engkau tentukan

dari semula oleh kuasa dan kehendakMu.”

Menurut Kalvinis ayat ini menyimpulkan, bahwa:

1. Yesus telah ditetapkan

untuk dibunuh.

2. Allah telah menetapkan siapa yang akan membunuh Yesus



Dalam fakta benar bahwa Yesus telah

mereka bunuh, tetapi Allah tidak pernah memaksa atau menentukan mereka untuk membunuh Yesus Kristus. Itu terjadi karena manusia

itu sendiri memang akan melakukan hal demikian kepada Yesus. Yesus memang harus mati, tetapi tidak harus mereka yang menggenapi

nubuatan itu. Seperti halnya kasus Yudas yang menjual Kristus. Kristus berkata, “Anak Manusia memang akan pergi sesuai dengan

yang ada tertulis tentang Dia, akan tetapi celakalah orang yang olehnya Anak Manusia itu diserahkan. Adalah lebih baik bagi

orang itu sekiranya ia tidak dilahirkan.” Apakah yang dimaksud oleh ayat ini? Mengapa Yesus berkata bahwa lebih baik dia tidak

dilahirkan? Jadi, hal ini sangat jelas mengindikasikan adanya tanggung jawab manusia. Logikanya, kalau Allah yang telah

menentukan, harusnya mereka dapat reward karena telah melakukan program Allah?



I Petrus 1:20 “Ia telah dipilih

sebelum dunia dijadikan” Ya. Benar bahwa Allah telah memilih Yesus sebelum dunia dijadikan dan bukan manusia yang dipilih

sebelum dunia dijadikan.



Wahyu 13:8 “Kristus telah disembelih sebelum dunia dijadikan” Yesus memang telah ditetapkan

menjadi penebus yang akan menanggung dosa manusia. Manusia belum tercipta, lalu mengapa Allah sudah menyediakan penebusan? Ya,

benar bahwa Allah menyediakan penebusan melalui Kristus sebelum dunia dijadikan karena Allah tahu bahwa manusia yang

diciptakanNya itu akan jatuh ke dalam dosa. Sama sekali tidak berarti Allah menetapkan manusia jatuh dalam dosa, tetapi manusia

itulah yang memilih untuk menentang Allah dengan mengikuti Iblis dari pada laranganNya. Allah sudah mengetahui hal ini sebelum

manusia diciptakan dan secara otomatis sebelum manusia jatuh ke dalam dosa.



Kaum Kalvinis terlalu mengabaikan

tanggungjawab manusia atas penyaliban Yesus. Dalam Kisah Para Rasul 2:36 Rasul Petrus menuduh bangsa Israel menyalibkan Yesus

dan Allah menuntut tanggungjawab dari bangsa Israel. Dalam Kis 4:10; 7:52 Petrus menyalahkan orang-orang Yahudi yang telah

menyalibkan Yesus.



Yesaya 45:7 “Yang menjadikan terang dan menciptakan gelap, yang menjadikan nasib mujur dan

menciptakan nasib malang; Akulah TUHAN yang membuat semua ini”



Kalvinis sering memakai ayat ini untuk membuktikan,

bahwa Allah telah menentukan segala sesuatu termasuk yang baik dan yang jahat terhadap seseorang. “Malang” “Evil” (KJV),

artinya “jahat” bila diperhatikan sekilas tanpa melihat atau bertanya, maka kita akan mengambil kesimpulan bahwa Allahlah yang

merancangkan hal yang jahat. Yang harus kita pertanyakanlah adalah, mengapa Allah mendatangkan kemalangan kepada

seseorang?



Karena Allah tidak pernah menciptakan atau menjadikan hati manusia jahat. Maka ketika manusia kena

musibah itu karena dosa yang telah masuk ke dalam dunia. Ini adalah konsekuensi dari dosa yang telah masuk ke

dunia.



Ratapan 3:38 “Bukankah dari mulut Yang Mahatinggi keluar yang buruk dan yang baik?” Dalam ayat ini

seolah-olah Tuhan adalah sumber yang buruk dan yang baik. Ayat ini sama sekali tidak salah karena Allah akan mendatangkan hal

yang buruk atau hukuman bagi yang melanggar kesucian Allah. Dan Allah akan mendatangkan hal yang baik atau berkat kepada mereka

yang percaya dan melakukan perintahNya. Ini adalah konsekuensi dari melakukan dan tidak melakukan kehendak Allah. Hal ini dapat

dibandingkan dengan ayat-ayat dalam Kitab yang yang lain. Karena Alkitab tidak akan mengajarkan hal-hal yang bertentangan

dengan sifat-sifat Allah. Allah yang Mahakudus tidak akan tercemari dengan dosa atau kenajisan. Karena itu, tidaklah mungkin

Allah menjadi sumber kejahatan sekaligus sumber kebaikan. Baik itu adalah sifat Allah, sementara buruk itu adalah sikap Allah

kepada mereka yang tidak melakukan atau mengikuti kehendakNya. Hal ini dapat dilihat dalam ayat-ayat sebagai berikut:

1.

Ayub 34:10 “Oleh sebab itu, kamu orang-orang yang berakal budi dengarkanlah aku: Jauhlah dari pada Allah untuk melakukan

kefasikan dan dari pada Yang Mahakuasa untuk berbuat curang”

2. Mazmur 5:5 “Sebab Engkau bukanlah Allah yang berkenan

kepada kefasikan; orang jahat takkan menumpang padaMu”

3. Habakuk 1:13 “MataMu terlalu suci untuk melihat kejahatan dan

Engkau tidak dapat memandang kelaliman. Mengapa Engkau memandangi orang-orang yang berbuat khianat itu dan Engkau berdiam diri,

apabila orang fasik menelan orang yang lebih benar dari dia?”

4. Yeremia 19:5 “mereka telah mendirikan bukit-bukit

pengorbanan bagi Baal untuk membakar anak-anak mereka sebagai korban bakaran kepada Baal, suatu hal yang tidak pernah Aku

perintahkan atau Kukatakan dan yang tidak pernah timbul dalam hatiKu.”



Ia adalah TUHAN, Allah yang Maha Suci dan

tidak pernah timbul sesuatu yang buruk dari dalam diriNya. Kemalangan yang manusia alami itu disebabkan oleh dosa manusia itu

sendiri. Sekali lagi ini adalah konsekuensi dari dosa yang telah masuk ke dalam dunia.



Kalvinis melihat Efesus 1:11

“kami dari semula ditentukan untuk menerima bagian itu sesuai dengan maksud Allah, yang di dalam segala sesuatu bekerja menurut

keputusan kehendakNya”

Allah bekerja dalam segala sesuatu adalah benar, tetapi Allah tidak menetapkan segala sesutau bila

bertentangan dengan sifa-sifatNya. Allah bisa memakai siapa dan apa saja, termasuk memakai Iblis untuk malaksanakan kehendakNya

(kasus Ayub, Allah menguji Ayub).



Ada keputusan Allah, itu benar. Tetapi Allah tidak menetapkan segala sesuatu yang

bertentangan dengan sifat-sifatNya. Berbeda dengan konsep Kalvinis yang percaya, bahwa Allah telah menetapkan segala sesuatu

termasuk:

1. Masuknya dosa

2. Malapetaka

3. Kesombongan

4. Dusta dan lain-lain



Dalam konsep

Alkitab mengajarkan bahwa Allah mengijinkan segala sesuatu terjadi, tetapi setiap hal yang terjadi pasti ada konsekuensinya.

(Postingan berikut akan membahas topik 9 hal yang membuktikan bahwa Allah tidak menetapkan segala

sesuatu.



Sumber:

http://gbiasemarang.blogspot.com/2009/02/unconditional-election-bag-3.html

www.dedewijaya

.co.cc, www.dedewijaya.blogspot.com

dilihat : 446 kali


   
Copyright © 2005 Pustakalewi.net
All rights reserved. Protected by the copyright laws of the Indonesia
hosted and developed by Agiz YL Solution