Kamis, 19 September 2019 07:25:54 | Home | Index Berita | About Us | Statistik | Buku Tamu | Redaksi | Webmail | Login |  

Catatan Ringan

Perkembangan Peer to Peer Lending di Indonesia
Perkembangan Peer2Peer Lending (P2P Lending), pinjam meminjam berbasis aplikasi makin subur di Indonesia. Tapi kehadirannya tentu akan menimbulkan konsekuensi positif dan negatif.



Pengunjung hari ini : 1
Total pengunjung : 520102
Hits hari ini : 754
Total hits : 4961858
Pengunjung Online : 1
Situs Berita Kristen PLewi.Net -XL Axiata Tambah Fitur Aplikasi Laut Nusantara






SocialTwist Tell-a-Friend | |
Sabtu, 31 Agustus 2019 08:48:08
XL Axiata Tambah Fitur Aplikasi Laut Nusantara

Denpasar,pustakalewi.com - XL Axiata menambahkan beberapa fitur baru ke dalam aplikasi Laut Nusantara yang dirilis pada 29 Agustus 2018.

Telah digunakan oleh hampir 15 ribu pengguna aktif dari kalangan nelayan, aplikasi tersebut dimaksudkan untuk mendukung aktivitas nelayan dalam mencari ikan sehari-hari.

Aplikasi ini pun mendapat dukungan dari Badan Riset dan Observasi Laut (BROL) dan telah disosialisasikan langsung kepada para nelayan di 19 daerah di berbagai wilayah Indonesia.

"Ternyata, daya tarik aplikasi Laut Nusantara semakin kuat dan meluas di kalangan nelayan Indonesia. Dari sistem, kami bisa mendeteksi penggunaannya secara regular oleh masyarakat nelayan di banyak daerah di Indonesia di mana sosialisasi langsung dari kami belum sampai di area-area itu," ucap Yessie D. Yosetya, Direktur Teknologi XL Axiata, dalam pengenalan fitur baru aplikasi Laut Nusantara di Jembrana, Bali, Kamis (29/8/2019).

Menurutnya, fenomena ini sangat menggembirakan karena XL dan BROL membangun aplikasi ini untuk meningkatkan produktivitas nelayan Indonesia.

"Hal ini juga berarti bahwa masyarakat nelayan Indonesia semakin menyadari arti penting keberadaan teknologi digital untuk membantu produktivitas mereka," ucap dia.

Prof. Ir. Sjarief Widjaja, Ph. D FRINA selaku Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDMKP) menambahkan bahwa hasil tangkapan para nelayan secara rata-rata meningkat sampai dua kali lipat.

Fitur yang disediakan dalam aplikasi Laut Nusantara mencakup lokasi yang menunjukkan keberadaan ikan berdasarkan dari data dan teknologi milik BROL.

Selain itu, terdapat fitur panduan keselamatan melaut yang terdiri dari data-data perkiraan cuaca, terutama mengenai kecepatan dan arah angin, serta tinggi gelombang. Data-data kondisi alam itu pun didukung dengan fitur lokasi, sehingga nelayan bisa memperhitungkan risiko keselamatan sebelum melaut.

Fitur terbaru yang ditambahkan dalam aplikasi Laut Nusantara antara lain navigasi ke titik tangkapan ikan. Nelayan bisa mendapatkan penunjuk rute yang aman menuju lokasi ikan dengan mempertimbangkan kondisi seperti keberadaan karang.

Nelayan juga bisa melihat jarak tempuh dan memperhitungkan kebutuhan BBM kapal, dengan menggunakan fitur tersebut.

Fitur lainnya adalah panggilan darurat. Nelayan bisa mengirimkan informasi kondisi darurat atau SOS yang dihadapinya kepada admin Laut Nusantara melalui fitur chat. Nantinya, admin akan meneruskan informasi tersebut kepada pihak berwenang dalam keselamatan di laut.

Fitur-fitur baru lainnya meliputi tanya jawab mengenai hal-hal yang paling sering ditanyakan dalam penggunaan aplikasi Laut Nusantara, satelit view, dan review dari nelayan mengenai akurasi data lokasi keberadaan ikan.

Sementara itu, XL Axiata terus melakukan sosialisasi secara langsung kepada para nelayan mengenai pemanfaatan aplikasi Laut Nusantara. Kali ini dilakukan kepada tiga desa di Jembarana, Bali, yang mencakup Desa Yeh Kuning, Kecamatan Melaya, dan Desa Perancak.

Sosialisasi juga dilakukan melalui pemberian sebanyak 150 smartphone dari Protelindo sebagai bentuk dukungan kepada para nelayan.

Pihak XL Axiata sendiri menargetkan hingga akhir tahun 2019 akan ada sekitar lebih dari 20 ribu nelayan yang menggunakan aplikasi Laut Nusantara.red/mwp

dilihat : 62 kali


   
Copyright 2005 Pustakalewi.net
All rights reserved. Protected by the copyright laws of the Indonesia
hosted and developed by Agiz YL Solution