Rabu, 13 November 2019 12:17:43 | Home | Index Berita | About Us | Statistik | Buku Tamu | Redaksi | Webmail | Login |  

Catatan Ringan

Perkembangan Peer to Peer Lending di Indonesia
Perkembangan Peer2Peer Lending (P2P Lending), pinjam meminjam berbasis aplikasi makin subur di Indonesia. Tapi kehadirannya tentu akan menimbulkan konsekuensi positif dan negatif.



Pengunjung hari ini : 2
Total pengunjung : 520208
Hits hari ini : 1527
Total hits : 5076367
Pengunjung Online : 1
Situs Berita Kristen PLewi.Net -Sinergi Dokter Penasehat dan BPJS Ketenagakerjaaan Darmo Bagi Pelayanan Prima Program JKK-PAK






SocialTwist Tell-a-Friend | |
Selasa, 13 Agustus 2019 21:05:47
Sinergi Dokter Penasehat dan BPJS Ketenagakerjaaan Darmo Bagi Pelayanan Prima Program JKK-PAK

Surabaya,pustakalewi.com - Guna meningkatkan pelayanan kepada peserta terutama pelayanan program Jaminan Kecelakaan Kerja dan Penyakit Akibat Kerja (KK-PAK) kepada peserta dan penyeragaman informasi ter-update tentang penatalaksanaan KK-PAK, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Darmo melakukan rapat koordinasi teknis Pegawai Pengawas Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi dan dokter penasehat Provinsi Jatim dengan tema Sinergi Dokter Penasehat dan Pegawai Pengawas Provinsi Jawa Timur dalam pelayanan JKK-PAK BPJS Ketenagakerjaan.

Gigih Mulyo Utomo, Asisten Deputi Wilayah Bidang Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Jawa Timur, memberikan paparan Peran BPJS Ketenagakerjaan dalam penatalaksanaan KK-PAK. Penekanan utamanya adalah diperlukan kesigapan dan koordinasi apik antara petugas BPJS Ketenagakerjaan, Pegawai Pengawas Dinas Tenaga Kerja dan dokter penasehat dalam memberikan pelayanan prima kepada peserta BPJS Ketenagakerjaan yang mengalami KK-PAK.

Dr, Jauhari, M.S, koordinator dokter penasehat di Jawa Timur menjelaskan peran dokter penasehat dalam penentuan kondisi cacat bagi tenaga kerja yang mengalami kecelakaan kerja, diagnosis PAK serta dapat memberikan rekomendasi Program Kembali Bekerja (RTW) pada rakornis ini.

Indriasari Setyaningsih, S.T, pegawai pengawas yang mewakili Kasi Norma Ketenagakerjaan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur (menyesuaikan) memberikan ulasan lugas mengenai pentingnya pelaporan kecelakaan kerja pada Dinas Tenaga Kerja. Hal ini penting selain untuk implementasi Peraturan Pemerintah No 44 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Program JKK dan JKM dan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 26 Tahun 2015 tentang Tata Cara Penyelenggaraan Program JKK, JKM dan JHT juga untuk menjaga hak-hak para pekerja jika mengalami KK-PAK dalam hubungan kerjanya.

Guguk Heru Triyoko, Kepala Cabang Surabaya Darmo, menjelaskan saat membuka acara ini dihadiri oleh seluruh dokter penasehat se Jawa Timur, perwakilan Pegawai Pengawas Provinsi Jawa Timur dan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Darmo untuk berdiskusi, sharing dan berkiprah secara prima di lapangan dalam memberikan pelayanan prima pada peserta yang mengalami KK-PAK.

Sampai dengan Juli 2019, kepesertaan Perusahaan aktif BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Darmo adalah 5.298 perusahaan. Total tenaga kerja aktif untuk Penerima Upah (PU) sebanyak 133.636 tenaga kerja, untuk tenaga kerja aktif yang Bukan Penerima Upah (BPU) sebanyak 8.108 tenaga kerja dan total Proyek Jakon aktif 729 proyek, ujar Guguk.

Guguk mengatakan bahwa sampai dengan Juli 2019 Cabang Surabaya Darmo telah membayarkan 10.737 klaim dengan total Rp. 127,46 Milyar. Pembayaran tersebut terdiri dari 8.632 klaim JHT sebanyak Rp. 116,85 Milyar, 86 klaim JKM sejumlah Rp. 2,50 Milyar, 1.367 klaim JKK total Rp. 7,68 Milyar dan 652 klaim JP sebesar Rp. 409,42 Juta.

Total keseluruhan PLKK kerjasama Surabaya Darmo adalah 57 PLKK. Terdiri dari 15 Rumah Sakit (RS) dan 42 Klinik kerjasama. “Kami berharap seluruh pekerja yang mengalami KK-PAK mendapatkan excellent services sesuai haknya sehingga kesejahteraan pekerja dapat benar-benar dirasakan”, tambah Guguk.

Guguk mengatakan bahwa BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Darmo selalu berupaya meningkatkan pelayanan. Hal ini terbukti dengan sinergisme yang harmonis dengan seluruh stakeholders seperti perusahaan peserta, dokter penasehat dan pegawai pegawas Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur.

Ditambah lagi dengan perusahaan yang mendukung program Return to Work (Program Kembali Bekerja) sudah mencapai 1.066 perusahaan. Inilah bukti nyata BPJS Ketenagakerjaan siap memberikan Layanan Prima untuk kehidupan pekerja yang sejahtera khususnya bagi yang mengalami KK-PAK.mwp

dilihat : 49 kali


   
Copyright 2005 Pustakalewi.net
All rights reserved. Protected by the copyright laws of the Indonesia
hosted and developed by Agiz YL Solution