Kamis, 19 September 2019 06:48:23 | Home | Index Berita | About Us | Statistik | Buku Tamu | Redaksi | Webmail | Login |  

Catatan Ringan

Perkembangan Peer to Peer Lending di Indonesia
Perkembangan Peer2Peer Lending (P2P Lending), pinjam meminjam berbasis aplikasi makin subur di Indonesia. Tapi kehadirannya tentu akan menimbulkan konsekuensi positif dan negatif.



Pengunjung hari ini : 1
Total pengunjung : 520102
Hits hari ini : 668
Total hits : 4961772
Pengunjung Online : 1
Situs Berita Kristen PLewi.Net -TPID Jatim Pastikan Pasokan Kebutuhan Pokok Aman Jelang Bulan Puasa






SocialTwist Tell-a-Friend | |
Jum'at, 03 Mei 2019 08:05:03
TPID Jatim Pastikan Pasokan Kebutuhan Pokok Aman Jelang Bulan Puasa

Surabaya,pustakalewi.com - Bulan Ramadan kurang 3 hari lagi, namun harga-harga kebutuhan pokok melambung tinggi dalam dua minggu belakangan ini.

Untuk itu, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Jawa Timur beserta seluruh TPID 38 Kota/Kabupaten melaksanakan menggelar rapat koordinasi High Level Meeting (HLM) TPID Jawa Timur dan bertempat di di Hotel JW Marriot Surabaya, Kamis (2/5/2019).

Dengan mengambil tema Ketersediaan, Keterjangkauan Harga Bahan Pokok Menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (Puasa dan Idul Fitri Tahun 2019) rapat tersebut dipimpin langsung oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak, didampingi oleh Difi A. Johansyah, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur.

Dalam kesempatan itu, Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak menyampaikan perlunya TPID untuk mengambil langkah konkrit terhadap sejumlah komoditas yang telah menunjukkan kenaikan harga yang signifikan, diantaranya bawang putih, bawang merah dan cabai merah.

“Kita harus memastikan bahwa Operasi Pasar yang telah kita lakukan selama ini efektif untuk menurunkan harga komoditas tersebut. Jangan sampai komoditas yang kita salurkan malah dimanfaatkan oleh tengkulak," jelas Emil.

Dikesempatan yang sama suami dari artis cantik Arumi Bachsin juga melakukan diskusi dan tukar pendapat dengan para peserta terkait permasalahan yang dihadapi. Lebih-lbeih harga bawang putih dna bawang merah harganya melonjak tinggi terutama di Provinsi Jawa Timur.

"Dinas Perhubungan dan pemerintah kabupaten harus dapat mencari solusi agar komoditas tersebut tersalurkan sehingga tidak terjadi kelangkaan, " tutur mantan Bupati Gresik ini.

Menjelang Ramadan ini sejumlah komoditas pangan mengalami kenaikan harga , termasuk telur ayam ras dan daging ayam ras, faktor lain yang perlu diwaspadai adalah tekanan inflasi pada kelompok administered price, seperti tarif angkutan.

“Selama Ramadan, kita memiliki harga psikologis yang dapat menjadi patokan kewajaran pergerakan harga komoditas. Harga psikologis inilah yang perlu kita kaji bersama apakah cukup wajar sehingga tidak menimbulkan inflasi yang berlebihan," tambah Emil.

Sementara Difi A. Johansyah, Kepala Perwakilan BI Provinsi Jawa Timur menjelaskan, ada perbedaan dengan tahun lalu.

"Dalam 2 (dua) tahun terakhir, tekanan inflasi pada periode HBKN lebih dominan disebabkan oleh tekanan harga pada kelompok administered price yaitu tarif angkutan. Untuk itu, perlu dilakukan upaya–upaya untuk meminimalkan dampak kenaikan tarif angkutan (darat, udara, laut) tersebut terhadap tekanan inflasi Jawa Timur pada periode HBKN," jelasnya.pr/red

dilihat : 41 kali


   
Copyright 2005 Pustakalewi.net
All rights reserved. Protected by the copyright laws of the Indonesia
hosted and developed by Agiz YL Solution