Sabtu, 23 Maret 2019 18:05:53 | Home | Index Berita | About Us | Statistik | Buku Tamu | Redaksi | Webmail | Login |  
--Ingin kegiatan anda kami liput? silahkan hubungi kami di 082139840290, twitter @pustakalewi atau email ke redaksi @pustakalewi.net. Kami siap melayani!

Catatan Ringan

Pendakian Kerinci
Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini diselenggarakan oleh GMKI dari ketinggian 3805 mdpl di atap Sumatera



Pengunjung hari ini : 270
Total pengunjung : 484566
Hits hari ini : 2262
Total hits : 4455037
Pengunjung Online : 5
Situs Berita Kristen PLewi.Net -Daihatsu Xenia Mesin 1,5 L Dijadwalkan Hadir Tahun Depan






SocialTwist Tell-a-Friend | |
Kamis, 20 Desember 2018 05:05:38
Daihatsu Xenia Mesin 1,5 L Dijadwalkan Hadir Tahun Depan

Surabaya - Jelang awal tahun 2019, isu kemunculan produk kendaraan baru tersebar ke masyarakat. Salah satu yang tercium tengah mempersiapkan pembaruan adalah PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Produk yang dipersiapkan adalah MPV populer Daihatsu yakni Xenia. Bocoran terbaru MPV tersebut beredar dari aplikasi online Pelayanan Samsat PKB-BBNKB Polda Metro Jaya.

Terlihat Daihatsu memang tengah mempersiapkan mesin 1.5L untuk digunakan pada Xenia. Ini juga menjawab informasi yang beredar bahwa ada mesin baru untuk deretan MPV kembar Avanza tersebut.

Dari aplikasi tersebut terlihat daftar XEN15RMT (F654RVGMDFJ) dengan nilai NJOP Rp 149 juta serta XEN15RAT (F654RVGQDFJ) dengan nilai NJOP Rp 158 juta. Untuk diketahui Xenia sampai sekarang hanya menawarkan mesin 1.3L untuk ke 10 produknya.

Perlu dicatat, besaran banderol itu bukan harga yang siap dilepas buat pasar Tanah Air. Melainkan hanya nilai jual yang belum terkandung tambahan pajak, biaya balik nama (BBN) dan lain-lain. Artinya, hipotesa Xenia baru pun makin meruncing, tinggal menunggu peluncuran dan harga resmi. Daya gedor untuk bertarung di segmen LMPV semakin kuat. Kelak Xenia bisa mengandalkan dua mesin, 1,3 liter dan 1,5 liter.

Saat ini mesin 3-silinder 1,0 liter sudah ditinggalkan, agar tak saling makan pasar dengan Daihatsu Sigra. Dan Xenia fokus pada jantung pacu 1,3 liter agar punya diferensiasi produk dengan saudaranya, Toyota Avanza.

Menurut situs itu pula, pilihan mesin 1,5 liter hanya dibubuhkan pada Xenia kasta tertinggi, alias varian R. Dan hanya ada dua tipe saja yang ditawarkan. Untuk sekadar perbandingan, Xenia R 1,3 liter punya empat tipe yang dibanderol mulai dari Rp 198,5 juta hingga Rp 217 juta (R AT Custom) on the road Jakarta. Apalagi Daihatsu gemar mengiris potongan harga yang rapat, sebagai strategi bisnis di pasar yang gemuk itu.

Untungnya, pabrikan memposisikan mesin 1,5 liter sebagi pilihan tertinggi. Untuk apa? Masih sama dengan tadi, agar proporsinya tak langsung bersenggolan dengan Avanza. Apalagi, LMPV bikinan Toyota juga punya dua pilihan engine yang sama. Tinggal bagaimana mereka saling berbagi. Biasanya untuk urusan fitur-fitur, Avanza punya lebih banyak dari Xenia.

Mudah ditebak, mesin yang bakal dipakai adalah unit sama seperti Toyota Avanza Veloz, Toyota Rush dan Daihatsu Terios. Meski tak disebutkan kode mesin yang digunakan, kemungkinan di bawah bonet Xenia baru, bersemayam mesin 2NR-VE 1,5 liter Dual VVTi. Jika tak ada ubahan, maka tenaga yang dihasilkan sebesar 103 hp pada 6.500 rpm dan torsi 136 Nm pada 4.400 rpm.

Mesin ini dipadukan dengan transmisi otomatis 4-percepatan dan manual 5-percepatan. Mesin sendiri diklaim hanya menenggak bahan bakar 16 km/liter. Tentunya hal ini juga bisa berlaku untuk Xenia 2019, seperti klaim Toyota di laman resminya. Untuk itu, kita tunggu saja kabar selanjutnya mengenai Xenia terbaru 2019.oto/red

dilihat : 414 kali


   
Copyright 2005 Pustakalewi.net
All rights reserved. Protected by the copyright laws of the Indonesia
hosted and developed by Agiz YL Solution