Senin, 23 Juli 2018 12:20:38 | Home | Index Berita | About Us | Statistik | Buku Tamu | Redaksi | Webmail | Login |  
--Ingin kegiatan anda kami liput? silahkan hubungi kami di 082139840290, twitter @pustakalewi atau email ke redaksi @pustakalewi.net. Kami siap melayani!

Catatan Ringan

Nasakom dan Masyarakat Jejaring
Prolog revolusi Bung Karno, membangun infrastruktur kemerdekaan bangsa Indonesia, demi terciptanya kehidupan yang bermartabat



Pengunjung hari ini : 116
Total pengunjung : 407664
Hits hari ini : 463
Total hits : 3717613
Pengunjung Online : 9
Situs Berita Kristen PLewi.Net -Pengadilan Agama Surabaya Terapkan Layanan Administrasi Secara Online






SocialTwist Tell-a-Friend | |
Kamis, 12 Juli 2018 14:11:30
Pengadilan Agama Surabaya Terapkan Layanan Administrasi Secara Online

Surabaya - Pengadilan Agama (PA) Kelas 1 A Surabaya akan menerapkan layanan administrasi perkara di pengadilan secara online. Kebijakan tersebut merujuk pada peraturan Mahkamah Agung (PerMA) Nomor 3 Tahun 2018 tentang Administrasi Perkara di Pengadilan secara Elektronik.

Humas Pengadilan Agama Surabaya, Mufi Ahmad Baihaqi menjelaskan, pihaknya merencanakan penerapan sistem tersebut pada bulan Oktober 2018 mendatang. "Pengelolaan administrasi perkara di pengadilan secara online ini diharapkan mempercepat proses dan putusan pengadilan," terang Mufi Ahmad di kantornya, Kamis (12/7).

Ditambahkannya, dengan diterapkannya sistem online ini, maka proses administrasi perkara mulai dari pendaftaran, kelengkapan administrasi, pembayaran, pemanggilan hingga pengiriman salinan putusan perkara yang disidangkan semuanya secara online.

Detailnya pengiriman berkas gugatan, jawaban tergugat, replik, duplik serta proses mediasi juga secara online. Untuk proses pembuktian hingga pembacaan putusan tetap dilakukan secara manual dengan hadir secara langsung di pengadilan.

“Untuk tahapan beracara di pengadilan tetap tidak berubah atau mengurangi, meski sistim online ini," katanya.

Pengadilan Agama Surabaya menyebutkan, dari bulan Januari sampai Juni 2018, data kasus perceraian baik cerai talak maupun gugat, tercatat perkara yang diterima 3.813 dan laporan perkara yang sudah diputuskan 2.509. Perkara lain yang ditangani seperti penetapan ahli waris atau permohonan pertolongan pembagian harta peninggalan (P3HP) menunjukan kenaikkan jumlah pemohon, yang menunjukan masyarakat khususnya ahli waris sadar meminta kekuatan hukum dari PA, serta perkara lain yang berkaitan dengan perkawinan.

"Melihat data rekapitulasi laporan perkara yang diterima dan yang diputuskan, maka dengan sistem online ini bisa mempercepat proses, karena ditargetkan perkara harus sudah diputuskan maksimal 6 bulan," katanya.info/red

dilihat : 15 kali


   
Copyright © 2005 Pustakalewi.net
All rights reserved. Protected by the copyright laws of the Indonesia
hosted and developed by Agiz YL Solution