Senin, 18 Juni 2018 18:16:52 | Home | Index Berita | About Us | Statistik | Buku Tamu | Redaksi | Webmail | Login |  
--Ingin kegiatan anda kami liput? silahkan hubungi kami di 082139840290, twitter @pustakalewi atau email ke redaksi @pustakalewi.net. Kami siap melayani!

Catatan Ringan

Merawat Kebhinnekaan Menolak Intoleransi
Beragam peristiwa telah mewarnai sejarah perjalanan kehidupan berbangsa dan bernegara di tahun 2017, dinamika yang diwarnai unsur konflik intoleransi muncul kepermukaan .



Pengunjung hari ini : 90
Total pengunjung : 399664
Hits hari ini : 1027
Total hits : 3630565
Pengunjung Online : 6
Situs Berita Kristen PLewi.Net -Layani Kebutuhan Administrasi PN Surabaya Akan Luncurkan E-Court






SocialTwist Tell-a-Friend | |
Sabtu, 09 Juni 2018 11:05:18
Layani Kebutuhan Administrasi PN Surabaya Akan Luncurkan E-Court

Surabaya,pustakalewi.com - Demi memberikan kebutuhan layanan yang terbaik di bidang administrasi perkara hukum yang memenuhi asas peradilan di Surabaya, Pengadilan Negeri Surabaya dalam waktu dekat akan meluncurkan program "E-Court" yaitu program administrasi di pengadilan secara elektronik.

"Program E-Court ini berdasarkan terbitnya peraturan MA (PERMA) nomor 3 tahun 2018, bahwa untuk memudahkan proses adminstrasi di pengadilan, program E-Court sangat cocok untuk memangkas waktu dan panggilan. Sehingga asas peradilan yang sederhana, cepat dan juga biaya yang ringan akan terpenuhi, " kata Sigit Sutriono S.H, M.Hum, Humas PN Surabaya. 

Menurut Sigit, apabila pengacara ingin mendaftarkan suatu perkara tidak perlu bolak-balik ke pengadilan. Cukup mendaftar secara online. Akan tetapi perlu di ingat pendaftaran online ini hanya bisa dilakukan oleh advokat yang sudah di sumpah dan sudah di validasi.

Lebih lanjut,  Hakim di PN Surabaya ini mengatakan bahwa selain untuk penerimaan atau permohonan gugatan, replik, duplik dan kesimpulan. Aplikasi E-Court juga bisa digunakan untuk pemanggilan secara elektronik melalui email. 

"Bisa juga untuk pemanggilan elektronik melalui email ya,  kalau pembuktian tidak bisa. Harus dihadapan hakim kalau pembuktian, " lanjut pria kelahiran Jawa Tengah ini. 

Perlu diketahui,  aplikasi E-Court untuk saat ini hanya bisa diterapkan pada perkara perdata saja.  Belum bisa ke perkara pidana. Mengingat aplikasi baru ini belum banyak yang mengenal maka diperlukan sosialisasi ke semua pihak yang terlibat dalam prose peradilan. 

Di dalam aplikasi e-court tersebut ada tiga sistem layanan yaitu, E-Filling (Pengiriman berkas sementara lewat Scan Email dan selanjutnya asli menyusul saat datang jalani Sidang), E-Payment (Pembayaran biaya pendaftaran perkara melalui transfer langsung ke Bank sesuai petunjuk yang telah bekerja sama dengan Bank BTN), serta E-Summons (E-Summons adalah panggilan secara Elektronik sesuai dengan persetujuan masing masing pihak, artinya jika para pihak sepakat).

"Rencana E-Court akan kita launching setelah lebaran. Saat ini masih dalam tahap penyempurnaan.  Tetapi hari ini tadi sudah di coba untuk yang E-Payment ternyata berhasil. Mudah-mudahan ke depannya aplikasi ini bisa berjalan dan bermanfaat bagi masyarakat yang mencari keadilan di Surabaya," pungkasnya.mwp

dilihat : 26 kali


   
Copyright 2005 Pustakalewi.net
All rights reserved. Protected by the copyright laws of the Indonesia
hosted and developed by Agiz YL Solution